6 Rekomendasi Tujuan Rekreasi Alam di Bali

6 Rekomendasi Tujuan Rekreasi Alam di Bali

Rekreasi Alam di Bali – Menjadi tujuan banyak wisatawan, baik lokal atau asing. Keelokan dan eksotisme Bali sanggup menghipnotis wisawatan untuk berkunjung ke berbagai tujuan rekreasi Bali.

6 Rekomendasi Tujuan Rekreasi Alam di Bali Rekreasi alam di Bali
6 Rekomendasi Tujuan Rekreasi Alam di Bali Rekreasi alam di Bali

Daya tarik Pulau Dewata Bali sudah tidak perlu diragukan lagi. Pulau eksotis ini miliki sejuta daya magnet, dimulai dari budaya sampai alamnya, yang sanggup memikat wisatawan dari seluruh penjuru untuk berkunjung. Terdapat beberapa pilihan tujuan rekreasi yang dapat didatangi, Kota Denpasar, misalkan. Ibukota Bali ini menyimpan banyak tujuan rekreasi, seperti museum sampai pusat kesenian. Di kota ini wistawan dapat menikmati sekalian belajar mengenai beragam pertunjukan budaya, dimulai dari Puri Pemecutan, Puri Satria dan Kesiman, atau bertandang ke Pura paling tua.

Tidak hanya itu, pada bagian lain Pulau Bali wistawan bisa berkunjung ke berbagai tujuan rekreasi alam, seperti Pantai Lovina, pemandian Air Saneh, Pantai Purancak, Kebun Raya Bedugul, Danau Bratan, Pura Ulu-watu, Monumen Padang Galak, Bukit Jambul, Gunung Batur, dan ada banyak lagi.

Sebagai wilayah tujuan rekreasi, kekayaan dan keelokan alam dan kekhasan seni budaya Bali menjadi umpan untuk beberapa wisatawan. Ada faktor-faktor yang mengakibatkan Bali jadi wilayah tujuan rekreasi unggulan di Indonesia, salah satunya keunggulan objek alam, keunggulan objek budaya, dan fasilitas dan prasarana yang ideal.

Rekreasi Alam di Bali

Sebagai salah satu faktor pendukung pariwisata, pemandangan alam Bali simpan keelokan ciri khas Nusantara. Digabungkan dari beragam sumber.

Berikut referensi tujuan rekreasi alam di Bali yang layak didatangi :

1. Gunung Batur

Gunung Batur
Gunung Batur

Tidak cuma Gunung Agung, di Bali berdiri tegak Gunung Batur yang sering menjadi tujuan oleh beberapa wisatawan, terutamanya pendaki pemula. Selainnya trak pendakian yang relatif gampang, Gunung Batur siap juga memanjakan mata pendaki dengan pemandangan indah dari berbagai pojok.

Gunung Batur dikatakan sebagai gunung purba di Pulau Bali. Kehadirannya bahkan juga lebih tua dari Gunung Agung. Walaupun tua, gunung yang paling akhir meledak pada 2000 ini tidak hentinya menarik wisatawan lokal sampai luar negeri untuk berkunjung. Gunung Batur berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dengan titik paling tinggi kaldera di ketinggian 2.152 mdpl. Dan, anak Gunung Batur memiliki ketinggian 1.717 mdpl, ketinggian ini tentu saja cocok untuk pendaki baru.

Selainnya melahirkan anak gunung, letusan Gunung Batur Purba yang diprediksi terjadi sekitaran 30 ribu tahun lalu membuat danau besar namanya Danau Batur.

2. Danau Batur

Danau ini sebagai danau kawah dari Gunung Batur, sehingga ada banyak mata air panas disekitaran danau ini yang bisa menjadi tempat santai sambil melenturkan otot-otot yang tegang sepanjang pendakian.

Danau Batur
Danau Batur

Danau Batur Kintamani sebagai danau paling besar di Bali dengan luas sekitaran 16 km persegi yang tercipta sebagai imbas dari letusan Gunung Batur pada beberapa ribu tahun lalu. Disamping itu, danau berwujud bulan sabit ini mempunyai kedalaman 65 mtr. dan sebagai danau kaldera aktif dengan warna air yang selalu alami peralihan.

Danau Batur Kintamani ada pada ketinggian 1.050 mdpl di Dusun Penelokan Utara, Kintamani, dan masuk ke daerah Kabupaten Bangli dalam jarak 65 km dari Kota Denpasar.

3. Savana Tianyar

Savana Tianyar
Savana Tianyar

Savana Tianyar berada di Karangasem tidak jauh dari pesisir utara Pulau Bali. Dari daratan dengan padang rumput yang luas ini, Gunung Agung akan terlihat terang bila bertandang pada hari yang ceria, sehingga bisa menjadi background poto yang memikat.

Tujuan rekreasi alam di Bali yang ini berada 3 jam perjalanan dari Kota Denpasar atau 3,5 jam dari tempat Kuta. Benar-benar dianjurkan untuk pergi menggunakan rental mobil pribadi karena jaraknya yang lumayan jauh.

Savana Tianyar menawarkan pemandangan padang rumput luas yang indah. Di sini, wisatawan akan merasakan padang rumput itu warna kekuningan atau hijau, bergantung musim.

Selain bisa berkamping, di sini pengunjung sesekali akan dipanggil oleh beberapa ekor kuda dan sapi milik masyarakat yang merumput.

4. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan
Bukit Campuhan

Bukit Campuhan sebagai tujuan rekreasi alam Ubud yang cukup terkenal. Bukit ini pada intinya ialah trak jalan kaki melewati bukit dengan pemandang asri dan spot poto yang indah. Bukit Campuhan ada di Jalan Bangkiang Sidem, Kelusa, Payangan, Ubud. Untuk sampai kesini, pengunjung dapat pergi dari pusat Kota Kuta Bali yang akan menempuh 1 jam perjalanan.

Selain jalan kaki dan jogging, wisatawan bisa naiki Bukit Campuhan dengan naik sepeda. Ada beberapa persewaan sepeda yang ada di sekitar Ubud. Beberapa penginapan sewakan sepeda untuk digunakan selama seharian

5. Pantai Pandawa

Pantai Pandawa
Pantai Pandawa

Pantai Pandawa ialah salah satu begitu tujuan rekreasi alam terkenal yang ada di Propinsi Bali. Wisatawan yang bertandang akan didukung pemandangan yang memanjakan mata ditambahkan situasi tenang dan unik Pulau Dewata. Nama pantai yang berada di Dusun Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini diambil dari 5 bersaudara Mahabharata yang terbagi dalam Yudistira, Bima, Arjuna, Sahadewa, dan Nakula.

Mencuplik situs Dinas Pariwisata Propinsi Bali, begitu masuk kasawan Pantai Pandawa, pengunjung akan disajikan pemandangan tebing yang membubung tinggi dan mengapit jalan sejauh 1,5 km. Selain itu, liukan ombak, pasir putih, dan Samudera Hindia siap temani perjalalanan dan memanjakan mata beberapa wisatawan.

Mendekati tempat pantai, wisatwan akan dipanggil beberapa gua yang dihiasai ornament patung batu putih yang di inspirasi dari Panca Pandawa (lima bersaudara legenda Mahabharata). Selain menikmati pemandangan alam sekitaran dan berpose riang, pengunjung dapat melakukan aktivitas wisata yang lain, seperti paralayang. Untuk mencoba kegiatan ini, pengunjung perlu bertandang ke Bukit Timbis yang berada tidak jauh dari Pantai Pandawa. Walaupun begitu, keelokan Pantai Pandawa yang bertambah luas bisa dirasa melalui kegiatan yang ini.

Untuk berkunjung ke pantai berjulukan “the secret beach” ini dapat dilakukan melalui Bandara Internasional Ngurah Rai dalam jarak menempuh sekitaran 18 km atau mungkin kurang lebih 1 jam. Dan, jaraknya dari pusat perkotaan Denpasar sekitaran 27 km lewat lajur tol Bali Mandara.

6. Air Terjun Kanto Lampo

Situasi tenang ditambahkan gemercik Air Terjun Kanto Lampo dapat buat badan dan pemikiran santai. Masalahnya saluran air terjun ini melalui tebing lantai dan bebatuan berundak sehingga meminimalisasi suara deru.

Air Terjun Kanto Lampo
Air Terjun Kanto Lampo

Akses ke arah air terjun yang ada di Banjar Kelod Kangin, Dusun Beng, Kecamatan Gianyar ini termasuk mudah dan tidak begitu memerlukan waktu. Wisatawan perlu jalan sekitaran 150 mtr. dari tempat parkir dengan menuruni 500 anak tangga. Namun tetap harus waspada, karena lajur ke arah Kanto Lampo cukup licin.

Selain menikmati segarnya Air Terjun Kanto Lampo, pengunjung dapat berkunjung sesaat di gua sedalam 3 mtr. yang jaraknya tidak begitu jauh dari air terjun. Air terjun ini sebagai salah satu lokasi yang disucikan untuk Mendak Toya Ning (cari air suci) yang digunakan untuk upacara Pitra Yadnya.

 

 

 

Baca Juga :   Ide Menarik untuk Liburan di Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published.